KONFLIK DAN PENYELESAIANNYA

Oktober 16, 2010

NAMA : DINI HANDAYANI
NPM    : 11109769
KELAS: 2 KA 13
TUGAS IBD KE 2

Definisi konflik.

Konflik adalah adalah suatu proses interaksi yang terjadi akibat adanya ketidaksesuaian antara dua pendapat (sudut pandang) yang berpengaruh atas pihak-pihak yang terlibat baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif.
Konflik bukan lah sesuatu yang selalu berakhir negatif, semua manusia pasti pernah merasakan konflik..dimana disini saya memiliki sebuah konflik yang benar-benar real di dalam keluarga seseorang. Dimana keluarga ini adalah keluarga yang sangat lengkap, memiliki kepala keluarga, seorang istri dan dua orang anak perempuan.
KUTIPAN CERITA DALAM  KELUARGA.
Suatu ketika anak tertua dari keluarga ini sangatlah rajin untuk pergi beribadah setiap minggunya ke greja,tapi apakah kalian tahu bahwa oranngtuanya tak pernah mengenal arti ibadah??...yang mereka tahu adalah mencari uang yang hanyalah kesenangan duniawi semata. Anak ini berkata kepada orang tuanya ‘ pah, mah, apakah kalian tahu ini kan hari minggu,bukannya kita harus ke greja ya buat ibadah??’ lalu apa yang terjadi ayahnya menjawab “buat apa toh uang itu tidak turun dari langit jadi kita harus nyari uang dengan giat, kamu ngerti..!!” anak ini merasa benar-benar sedih meliahat kedua orangtuanya seperti itu. Tapi semangatnya tak pernah kedur dia sering membawa adiknya pula untuk beribadah bersamanya,minggu demi minggu telah di lewatinya, terus dan terus membujuk orangtuanya, tapi terus ia mendapat omelan dari orangtuanya,,sedih benar benar sedih…ia pun berdoa” Tuhan aku ingin sekali membawa kedua orang tuaku untuk bersama-sama dengan aku beribadah kerumahMu yang Kudus, tapi apalah dayaku Tuhan bantu aku untuk dapat bertahan membujuk mereka lebih,dan lebih dekat lagi padamu,” tak lama kemudian Tuhan menunjukan suatu mujizat bahwa tiba-tiba kedua orangtuanya memutuskan untuk pergi beribadah bersama-sama anaknya. Giranglah hati anak ini meliahat keluarganya yang kecil ini bisa bersama-sama untuk beribadah.
Dari cerita ini dapat kita ketahui bahwa konflik dalam keluarga apabila yang ada hatinya keras janganlah kita balas dengan hati yang keras melainkan dengan hati yang lembut, sekeras apapun hati seseorang akan lembut juga. Dan begitu mulianya hati seorang anak dan begitu dewasanya pemikiran yang ada dalam diri anak di keluarga itu.
 Dimana konflik  terbagi atas beberapa yaitu:
Konflik Intrapersonal
Konflik intrapersonal adalah konflikseseorang dengan dirinya sendiri. Konflik terjadi
bila pada waktu yang sama seseorang memiliki dua keinginan yang tidak mungkin
dipenuhi sekaligus.

Konflik antar individu-individu dan kelompok-kelompok
Hal ini seringkali berhubungan dengan cara individu menghadapi tekanan-tekanan
untuk mencapai konformitas, yang ditekankan kepada mereka oleh kelompok kerja
mereka.

Konflik antara kelompok dalam organisasi yang sama
Konflik ini merupakan tipe konflik yang banyak terjadi di dalam organisasiorganisasi.
Konflik antar lini dan staf, pekerja dan pekerja – manajemen merupakan dua macam
bidang konflik antar kelompok

Konflik antara organisasi
Contoh seperti di bidang ekonomi dimana Amerika Serikat dan negara-negara lain
dianggap sebagai bentuk konflik, dan konflik ini biasanya disebut dengan persaingan.
Konflik ini berdasarkan pengalaman ternyata telah menyebabkan timbulnya pengembangan
produk-produk baru, teknologi baru dan servis baru, harga lebih rendah dan
pemanfaatan sumber daya secara lebih efisien

Didalam konflik tidaklah selalu menghasilhan suatu pertengkaran belaka,biasanya di dalamnya terdiri dari perbedaan pendapat, salah dalam mengartikan, sehingga di butukannyalah musyawarah secara besarsama apabila ia berkelompok, dan melakukan pengoreksian diri apabila konflik yang terjadi antara dua belah pihak, dan konflik yang sering di alami dalam hidup ini jadikanlah untuk pendewasaan diri untuk hidup seterusnya.




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe