EKONOMI TIDAK STABIL

Maret 02, 2011




Ilmu ekonomi adalah studi bagaimana cara manusia dan masyarakat. Samapai kepada pilihan dengan atau menggunakan uang, untuk menggunakan sumber-sumber ekonomi yang terbatas yang memiliki kegunaan  untuk menghasilkan berbagai macam barang dan mendistribusikan untuk konsumsi baik sekarang mau pun masa yang akan datang diantara berbagai orang dan golongan dalam masyarakat.
Dalam hal ini saya membahas Kebutuhan ekonomi. Definisi dari kebutuhan ekonomi adalah kebutuhan barang-barang yang dipergunakan untuk keperluan hidup manusia dalam bentuk kebutuhan primer yang dinilai menggunakan uang. Contoh yaitu pada saat kita membutuhkan makanan dan minuman.
Jenis-jenis Kebutuhan dibagi menjadi tiga yaitu kebutuhan primer, sekunder, tersier. Namun tulisan yang saya gunakan adalah kebutuha primer dan sekunder, dimana kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok manusia, sedangkan kebutuhan sekunder adalah kebutuhan dalam pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan.

Perekonomian indonesia  dikatakan belum dapat stabil hal tersbut dilihat pesentase anggka  pengangguran meningkat diarenakan lapangan pekerjaan yang belum memadai, serta kebutuhan pokok yang semakin banyak di butuhkan, tetappi barang-barang kebutuhan pokok ketersediannya semakin berkurang. Sehingga harganya ikut semakin mahal,  alam hal ini ada beberapa barang pokok yang semakin hari harganya selalu melonjak yaitu bawang putih, berbagai jenis kacang-kacangan, beras yang sendirinya dalah makanan pokok manusia. Sampai hari ini harga barang barang tersebut belum stabil.

Pembeli yang menawar harga barang yang begitu rendah padahal harga yang diberikan produsen tinggi sekali, jadi pedagang menjualnya tinggi pula karena mereka pun tidak mau mendapatkan rugi dalam penjualan yang mereka. Namun pembeli terus mencari harga yang lebih murah.

Kejelasan untuk keuntungan para petani yang menanamnya  masih belum jelas padahal mereka menjual kepada distributor dengan harga murah, kenapa di jual ke pedang menjadi mahal, dan menimbulkan keresahan bagi para konsumen yang memang wajib membeli kebutuhan pokok tersebut. Sebenarnya tersirat juga di benak saya bagaimana dengan mereka yang di luarsana yang tidak memiliki uang sebanyak yang lain, apa mereka tidak butuh makan dan minum ?.

Dalam hal ini belum ada kejelasan mengapa harga barang terus melonjaknaik padahal pendapatan masyarakat pun masih kurang akibat lapangan pekerjaan yang kurang memadai. Perlunya penanggulangan dalam kejadian ini sangatlah di tungggu-tunggu bagi banyak pihak masyarakat.


You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe