PENENTUAN HARGA PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Maret 31, 2011


Dalam suatu permintaan pastilah terlibat suatu penawaran antara orang yang menjual dengan orang  yang membeli sehingga terjadi kesepakatan antara kedua-duanya untuk melakuakan transaksi rekan kerja atau rekan bisnis. 

Definisi dari permintaan yaitu sejumlah barang yang akan dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu oleh pelaku bisnis maupun para konsumen yang hanya mengkonsumsi barang tersebut. Definisi penawaran yaitu sejumlah barang yang dijual atau ditawakan dengan harga dan waktu tertentu oleh produsen yang menjualnya terhadap konsumen.

Sedikit contoh dalam hal ini dipasar cisalak dimana banyak penjual yang melakukan penjualan barang dengan transaksi dan harga tawar-menawar antara pembeli dan penjual, penjual ingin mendapatkan laba dari penualannya dan pembeli ingin mendapatkan harga yang murah untuk dapat dijual kembali dan memperoleh laba yang sesuai.
kurva tingkat permintan dan tingkat penawaran:









Melakukan transaksi jual-beli pasti memiliki Hukum permintaan dan penawaran, apabila penawaran yang ditawarkan penjual menarik hati pembeli transaksi tersebut akan berlanjut sampai menjadi rekan bisnis. Dimana semakin murah harga yang di tawarkan dan kualitas barang tersebut bagus dan sesuai permintaan konsumen maka semakin banyak permintaan pembeli ataupun sebaliknya.

Semua itu dilakukan karena suatu faktor untuk mencari laba (keuntungan)  semaksimal mungkin dari harga yang telah di tawarkan. Apabila harga yang di tawarkan tinggi maka semakin sulit bagi produsen untuk menjualnya dan berkurangnya pembeli pada barangb yang ditawarkan.

faktor faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan ( demand) yaitu :
v  prilaku konsumen
v  ketersedian dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
v  penghasilan konsumen
v  perkiraan harga untuk masa yang akan datang
v  intensitas kebutuhan konsumen
             
faktor  faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran (suplay) 
v  Biaya produksi dan teknologi yang digunakan 
v  Tujuan Perusahaan
v   Pajak
v  Ketersediaan dan harga barang pengganti
v  Prediksi / perkiraan harga di masa depan

Tentunya dalam melakukan transaksi penjualan barang apapun pasti para penjual harus telaten dalam menentukan harga yang akan di pasarkan karena salah sedikit saja dapat menggeser banyaknya permintaan. Dimana seharussnya mendapatkan untuk karena banyaknya permintaan, tetapi apanbila terjadi kesalahan dalam pemasaran harga dapat menperkecil keuntungan penjual.

Dari kualitas barang yang di pasarkan harus mendukung seperti barang yang di pasarkan memiliki kualitas yang baik karena pastinya para pembeli menginginkan kepuasan dalam hal tersebut. Contohnya saja dalam menjual bawang putih perkarung jumlah kilogram yang bawang, kualitas barang, harus di perhatikan betul sehingga para pembeli tidak kecewa.

Inilah salah satu contoh suatu proses permintaan dan penawaran dalam dunia bisnis, bisnis yang tidak hanya melingkupi satu bidang melainkan banyak bidsang. Yang memakai sistem permintaan dan penawaran.




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe