UANG

April 15, 2011


uang adalah alat tukar sangat penting dalam kehipan yang kita manusia seluruh dunia, karena uang adalah alat tukar yang kita pergunakan setiap hari, seperi untuk membeli barang-barang yang kita butuhkan setiap hari,
disamping itu di setiap negara mmiliki mata uang yang berbeda-beda seperti indonesia  dengan mata uangnya rupiah, amerika dengan dolar amerika, australia doalar australia, india menggunakan mata uang rupe, malaisia (ringgit), jepang (yen) dan sterusnya. Dimana nilai tukarnya yang berfariasi.

Sejarah uang

saat ini kebutuhan banyak orang semakin meninggkat sehingga membutuhkan uang sebagai alat tukarnya, dan awalnya sebelum banyak orang mengenal uang logam dan ketas dahulu banyak orang menguanakn alat tujar barang dengan emas ataupun perak. mereka melakukan pertukaran sesuai nilai harga barang yag akan dibeli maupun dijual. Namun siring berjalannya waktu keiasaan itu sedikit-demi sedikit berubah sesuai perkembangan jaman. Sehingga munculah uang logam dan kertas dengan nominal yang dibutuhkan dari nominal terkecil sampai terbesar diamana uang terbag mejadi dua jenis yaitu :



Uang Kartal

Uang kartal adalah uang yang dijadikan sebagai alat transaksi sah dan wajib diterima seluruh masyarakat pada perekonomian.  Uang kartal umumnya berbentuk uang kertas dan uang logam yang di Indonesia dibuat oleh Bank Indonesia selaku bank sentral yang diberi hak tunggal mencetak hak oktroi. Uang dilindungi oleh Undang-Undang di mana pelaku pemalsuan uang diancam oleh hukuman denda dan kurungan penjara.

Contoh uang kartal seperti uang logam Rp. 100,- uang kertas Rp. 1.000,- dan lain sebagainya.


2. Uang Giral

Uang giral adalah suatu tagihan pada bank umum yang dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran dan transaksi yang sah dan masyarakat

tidak wajib menerima pembayarannya. Uang giral dapat dibilang mudah, aman dan praktis karena dalam melakukan transaksi  dimana seseorang tidak perlu menghitung dan membawa banyak uang kontan, jika hilang atau jatuh ke tangan orang jahat dapat segera diblokir dan mudah dalam penggunaannya. Contoh uang giral yaitu adalah seperti cek, giro, telegraphic transfer, dan lain-lain.


3. Uang Kuasi


Uang kuasi adalah surata atau sertifikat berharga yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran yang sah.
Contoh uang kuasi adalah saham, obligasi, dan lain-lain.

Bentuk Uang 

Uang Fiat : uang yang nominalnya jauh lebih tinggi daripada bahan pembuat uang tersebut. misal uang Rp.    50.000,- biaya prodksinya tidak sampai Rp.20.000.

Uang Komuditas : uang yang nilai bahan pebuatya sama dengan nilai nominal uang tersebut.

Uang Hampir Likuid Sempurna : suatu aset yang dapat dijadik  sebagai uang namun tidak semua pelaku     ekonomi mau menerima alat pembayaran karena harus di tukarkan lebih dahulu dengan uang likuid jika ingin di gunakan pada seluruh pelaku ekonomi

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe