PRILAKU KONSUMEN

Mei 27, 2011


Dimana prilaku yang bertujuan untuk mencari, menukar, menilai , mengatur,yang dianggap memuaskan dan menguntungkan bagi kehidupan mereka. Selain itu juga dapat dikatakan prilaku yang menggunakan waktu dan biaya sedikit  tetapi meperoleh hasil yang mereka iginkan.
Dua wujud konsumen yaitu :

1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.

2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi tersebut.

roduction concept
Konsumen pada umumnya lebih tertarik dengan produk-produk yang harganya lebih murah. Mutlak diketahui bahwa objek marketing tersebut murah, produksi yang efisien dan distribusi yang intensif.
Product concept
Konsumen akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan tersebut memiliki kualitas yang tinggi, performa yang terbaik dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.
Selling concept
Marketer memiliki tujuan utama yaitu menjual produk yang diputuskan secara  sepihak  untuk diproduksi.
Marketing concept
Perusahaan mengetahui keinginan konsumen melalui riset yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian memproduksi produk yang diinginkan konsumen. Konsep ini disebut marketing concept.
Market segmentation
Membagi kelompok pasar yang heterogen ke kelompok pasar yang homogen.
Market targeting
Memlih satu atau lebih segmen yang mengidentifikasikan perusahaan untuk menentukan.
Positioning
Mengembangkan pemikiran yang berbeda untuk barang dan jasa yang ada dalampikiran konsumen.
Prilaku konsumen dapat dikatakan salah satu strategi dalam melakukan pemasaran yang menguntungkan .
Dalam mempelajari prilaku konsumen kita dapat belajar bagaimana menganalisis yang dapat membantu manajer atau pemimpin dalam mendesain bauran pemasaran agar dapat lebih menarik sehingga para konsumen tertarik terhadap produk yang di tawarkan, mensegmen pasar bisnis,memposisikan dan mendefinisikan produk,melaksanakan anlisis lingkungan, serta menggembangkan studi riset pasar.
Prilaku konsumen harus bisa memainkan peran yang penting dalam mengembangkan kebijakan publik, sehingga dapat memungkinkan menjadi konsumen yang lebih efektif, analaisi konsumen memberikan pengetahuan yang menyeluruh tentang manusia.  Dalam hal ini prilaku konsumen memberikan tiga jenis informasi yaitu Orientasi Konsumen, fakta-fakta tentang prilaku manusia, teori-teori yang menjadi pedoman proses pemikiran.


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe