PENTINGNYA BAHASA

September 28, 2011


Bahasa dapat mempengaruhi prilaku manusia.
 Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbiter ( tidak ada hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya ) yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat untuk berkomunikasi, kerja sama, dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder.
Fungsi Bahasa  adalah suatu pemahaman untuk memahami bahasa, seperti halnya memahami bahasa kita sendiri yaitu Bahasa Indonesia kita juga perlu tahu, sehingga dalam pemahaman bahasa kita sendiri dapat lebih mendalam dan dapat mengaplikasikan Bahasa Indonesia dengan baik.
Dimana bahasa dapat dijadikan suatu alat untuk berkomunikasi antar sesama manusia, saling tukar informasi antara satu jaringan dengan jaringan lain. Apabila  memiliki suatu jejaringan sosial bahasa yang baik sangatlah di perlukan. Karena dari situlah  terlihat sikap seseorang dalam menghadapi suatu permsaahan.
Begitu banyak bahasa yang sekarang ini di pergunakan tidak seperti seharusnya, menyingkat kata tidak sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD),  mungkin disini dapat di terangkan sedikit seperti apa ejaan yang di sempurnakan tersebut yaitu :
Ejaan adalah mencakup bahasan peraturan bagaimana bunyi dilambangkan, bagaimana kata dirangkai dan dipenggal. Ejaan tersendiri mengalami perkembangan dimulai dari:
** Ejaan Van Ophusyen (1901 – 1947)
** Ejaan Suwandi atau Republik (1947 – 1972)
** Ejaan yang disempurnakan (EYD) 16 Agustus 1972 sampai sekarang.
Ejaan yang di sempurnakan salah satunya yaitu tepat pada penggalan kata digunakan untuk kata konsonan lebih dari dua berturut-turut ditengah, penempatan huruf kapital, huruf miring, dan penempatan tanda baca di setiap bagian, didalamnya EYD juga diperjelas tentang penggunaan lambang bilangan serta penggunaan singkatan pada suatu kalimat.
              Banyak pengaruh yang dapat kita ambil dari suatu bahasa yaitu salah satunya pada sikap diri seseorang, mungkin hal tersebut tidak terlalu terlihat bagi orang yang tidak memahami, salah satu contoh apabila seseorang memakai bahasa yang benar dalam bertutur dengan sesamanya dan kepada orang yang lebih tua  pastilah sikapnya terlihat sopan.
Disini juga bahasa tidak hanya bahasa yang di sajikan secara lisan, tetapi juga memakai bahasa isyarat. Bahasa isyarat atau gestur atau bahasa tubuh adalah salah satu cara berkomunikasi melalui gerakan-gerakan tubuh. Bahasa isyarat digunakan permanen oleh penyandang cacat karena mereka mempunyai bahasa sendiri.
Macam dan jenis ragam bahasa:
** Ragam bahasa pada bidang tertentu seperti bahasa istilah hukum, bahasa sains, jurnalistik, dan sebagainya.
** Ragam bahasa pada perorangan atau idiolek seperti gaya bahasa mantan presiden soeharto, gaya bahasa binyamin s,dan sebagainya.
** Ragam bahasa pada sekelompok anggota masyarakat suatu wilayah seperti dialeg bahasa madura, medan, sunda, dan lain-lain.
** Ragam bahasa pada masyarakat suatu golongan seperti ragam bahasa orang akademisi berbeda dengan ragam bahasaorang jalanan.
**  Ragam bahasa pada bentuk bahasa seperti bahasa lisan dan bahasa tulisan.
**  Ragam bahasa pada suatu situasi seperti ragam bahasa formal dan informal.
Penilaian sikap terlihat di masing-masing bahasa yang mereka gunakan. Apakah seseoarng itu terlihat bersiakap baik diluar atau pun hanya didalam. Bahasa hidup dan terus berkembang seiring berjalannya waktu ketika banyak orang mentuturkanya sebagai alat komunikasi utama. Ketika tidak ada lagi orang penutur asli suatu bahasa dapat disebut bahasa mati atau punah.
Begitu banyak ragam bahasa yang ada sekarang ini salah satu contoh bahasa formal dan informal, didalamnya juga dapat terlihat prilaku manusia apakah dia dapat menyesuaikan tataan bahsanya.
Sekarang begitu banyak generasi muda yang menyepelekan pemakaian bahasa, mencuri-curi dari bahasa lain yang di jadikan bahasa gaul  yang sering terlontar, padahal itu bukan dari segi kreatif tetapi akan membuat suatu bahsa tersebut lama kelamaan akan menjadi pudar, sehingga tidak adalagi penerus penutur bahasa yang dapat di contoh di Era selanjutnya

PERANAN BAHASA INDONESIA DI MASYARAKAT.
Peranan bahasa Indonesia bagi masyarkat sangatlah penting, wajib hukumnya bila kita warga Indonesia memakai bahasa kita sendiri, walau di Indonesia begitu banyak keanekaragaman suku diantaranya suku Batak, Ambon, jawa, minang dan lainnya, semua memang memiliki bahasa daerah masing-masing yang harus dilestarikan.
Bahasa Indonesia dapat di jadiakan alat penghubung antara suku-suku yang berada di Indonesia, sehingga antar suku tersebut dapat bertukar pendapat dan mengerti maksud dan tujuan mereka berbicara, coba saja apabila semua suku memakai bahasa mereka masing-masing pasti sangatlah membingungkan dan dapat menimbulkan kesalahpahaman.
Berkomunikasi dengan baik semua suku harus tahu bahasa Indonesia, sehingga di berikanlah pembelajaran Bahasa Indonesia di setiap daerahnya, dan samapai sekarang pun duduk di bangku perkuliahan, bahasa Indonesia masih dipelajari.
Bahasa Indonesia memiliki fungsi :
a.       Lambang Kebanggaan Nasional.
b.      Lambang Identitas Nasional.
c.       Alat Pemersatu Berbagai-bagai Masyarakat
d.      Alat Perhubungan antar Budaya.
Dari poin C , bahasa Indonesia dijadikan alat pemersatu berbagai masyarakat, dimana bangsa Indonesia memiliki latar belakang sosial budaya yang bergam dan bahasa yang berbeda-beda dengan kita menggunakan bahasa Indonesia dapat mempersatukan kebangsaan kita yaitu bangsa Indonesia, cita-cita, dan rasa nasib yang sama.
Dengan kita memakai bahasa Indonesia dalam berkehidupan bermasyarakata dapat memperlihatkan identitas suku kita dan nilai-nilai sosial yang terkandung didalamnya masih tercermin dalam bahasa daerah masing-masing. Fungsi dari bahasa setiap bahasa daerah tidak luntur sedikitpun.
Disamping itu dengan  menggunakan bahasa Indonesia kita dapat saling berhubungan untuk segala aspek kehidupan yang kita jalani sekarang ini dan seterusnya. Untuk pemerintah dan para politik.
Membuat kebijakan dan strategi yang berkaitan dengan ideologi, politik , ekonomi, sosial, perlu juga di terapkan bahasa Indonesia didalamnya, bahkan sampai pertahanan dan keamanan di negara kita yaitu Indonesia, sehingga dapat menginformasikan segala yang memang warga perlu mengtahuinya dengan mudah.
Apabila suatu informasi itu tersalurkan antar kita meningkat berarti kita dapat mempercepat peningkatan pengetahuan kita. Dari situlah akan tumbuh pengetahuan-pengetahuan yang dapat membangun tujuan kita bersama.
Sebagai bangsa Indonesia kita harus memberitahu kepada sesama kita untuk terus melestarikan bahasa kita sendiri sehingga dapat memamjukan bangsa Indonesia dan di kenal oleh seluruh penjuru dunia.

Simulasi :





.
 












You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe