RESENSI FILM THE RAID

April 10, 2012

Film Indonesia sekarang ini lebih didominasi oleh film dengan genre horror berbau seks atau film romantis yang terlalu melankolis. Tapi dengan hadirnya The Raid pada 30 Maret 2012 kemarin, membawa angin segar bagi perfilman Indonesia. Film bergenre action ini disutradarai oleh Gareth Evans dan dibintangi oleh Iko Uwais. Sebelumnya, mereka berdua memang pernah sukses bersama ketika melahirkan film Merantau. Selain mereka, Film ini juga diramaikan oleh Ray Sahetapy, Pierre Gruno dan Donny Alamsyah..
Cerita dimulai saat sekelompok tim SWAT yang tiba di sebuah blok apartemen kumuh dengan misi menangkap pemiliknya – seorang raja bandar narkotik bernama Tama. Blok ini tidak pernah digerebek atau pun tersentuh oleh Polisi sebelumnya. Sebagai tempat yang tidak dijangkau oleh pihak berwajib, gedung tersebut menjadi tempat berlindung para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri yang mencari tempat tinggal aman. Mulai bertindak di pagi buta, kelompok SWAT diam-diam merambah ke dalam gedung dan mengendalikan setiap lantai yang mereka naiki dengan mantap.
Penyergapan mereka terbongkar ketika gerakan mereka terpantau oleh kamera pengintai di gedung tersebut. Dari penthouse suite-nya, Tama memerintahkan untuk mengunci gedung apartemen dengan memadamkan lampu dan menutup semua jalan keluar. Terjebak di lantai 6 tanpa komunikasi dan diserang oleh penghuni apartemen yang diperintahkan oleh Tama, tim SWAT harus berjuang melewati setiap lantai dan setiap ruangan untuk menyelesaikan misi mereka dan bertahan hidup.
Film The Raid tidak hanya serentak ditayangkan di Indonesia tapi juga di Amerika, Kanada, Australia, Jerman, Inggris, Perancis dan Negara lainnya. Bahkan sejak tahun 2011, film ini meyabet setidaknya tiga penghargaan bergengsi dunia, antara lain Cadillacs People’s Choice Award, Toronto International Film Festival 2011, dan The Best Film sekaligus Audience Award – Jameson Dublin International Film Festival. Film The Raid juga telah menembus satu juta penonton di Indonesia dan masuk dalam urutan 11 film Bpx Office di Amerika. Sungguh hal yang membanggakan nama Indonesia tentunya.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe