UNDANG-UNDANG NO 19 HAK CIPTA, UNDANG-UNDANG NO 36 TENTANG TELEKOMUNIKASI, UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK.

Mei 20, 2013



UU NO 19 HAK CIPTA
                Hak cipta adalah  hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberi  izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan peraturan yang berlaku. Biasanya hak cipta dapat berupa seni suara dimana pengarang lagu tersebut mendaftarkan dirinya bahwa dialah yang menciptakan lagu tersebut dan mengizinkan para penyanyi dapat menyanyikan lagu yang telah dibuatnya. Dimana hak yang terkait dalah hak yang berkaitan dengan Hak Cipta, hak eklusif bagi pelaku untuk memperbanyak pertunjukannya. Disisni dapat dikatan pelaku adalah aktor, penyanyi, pemusik, penari atau mereka yang menampilkan, memperagakan, mempertunjukan suatu karya musik dan produser rekaman adalah orang atau badan hukum yang pertama kali merekam dan memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan perekaman suara.
            Perlindungan hak cipta tertera pada UU NO 19 pada pasal yang ke 2: dimana hak cipta merupakan hak eklusif  bagi pencipta atau pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya yng timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan  perundang-undangan yang berlaku. Pemegang hak cipta memiliki hak untuk memberi izin atau melarang orang lain tanpa persetujuan menyewakan ciptaannya tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial
            Pendftaran Hak Cipta dapat dilakukan jika yang bersangkutan ingin melaporkan hasil karyanya sehingga tidk dapat disalh gunakan, hal tersebut dapat dilaporkan kebagian pemrosesan HAKI sehingga dapat dimasukkan pasal-pasal yang berkaitan sesuai apa yang ingin di sahkan atau dijadikan hak cipta si pencipta tersebut.


UU NO 36 TENTANG TELEKOMUNIKASI

            Telekomunikasi adalah setiap pemancaran, pengiriman dari setiap informasi dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, gambar, suara, dan bunti melalui sistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnya. Pada dasarnya semua ahus menggunakan alat telekomunikasi untuk perlengkapan yang digunakn dalam bertelekomunikasi, salah satunya adalah pemancar radio yang merupakan alat telekomunikasi yang menggunakan dan menlancarkan gelombang radio. Biasanya juga terdapat jasa telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan  bertelekomunikasi dan pelaksanyana atau penyelenggaranya dapat perseorangan, koperasi, badan usaha milik daerah badan usaha milik negara, badan usaha wisata, instansi pemerintah, dan instansi pertahanan keamanan negara.

            Dapat kita ambil contoh dalam pemacaran radio dimana-mana mereka pasti memerlukan hak perlindungan oleh badan hukum karena, apapun yang terjadi pada suatu kegiatan yang mereka lakukan dapat terlindung baik dari orang-orang yang ada disekitar pemancar tersebut ataupun perusahaan pemancar radio yang bersangkutan. Telekomunikasi diselenggarakan berdasarkan asas manfaat, adil dan merata, kepastian hukum, keamanan, kemitraan, etika, dan kepercayaan pada diri sendiri.

UU TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK

Undang-undang yang membahas tentang informasi dan transakisi elektronik berada pada UU NO 11. Dimana informasi elektronik memiliki definisi suatu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, elektronic data interchange, telegram, dll. Didalam perundang-undangan ini terdapat pula transaksi elektronik untuk pembuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jaringan komputer atau media elektronik lainnya.

Teknologi informasi disini yaitu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan memprose, mengumumkan, menganalisis menyebarkan informasi ang telah didapat menggunaka alat-alat yang telah tersedia. Sebelumnya pengumpulan dokumen informasi dibutuhkan sebelum berjalannya pengiriman informasi kepada pengguna menggunakan media elektronik.

Contohnya dalam penebaran informasi penjualan misalnya, dibutuhkannya media elektronik untuk dapat memberikan informasi kepada sebagian masyarakat yang mengguakan media elektronik juga, dan juga memberikan wawasan luas terhadap wisatawan asing yang ingin berkunjung disuatu daerah yang mereka belum pernah mengetahi sebelumnya.



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images

Subscribe